KTP – Klub Tonton Pertunjukan adalah klub menonton dan mendiskusikan video-video pertunjukan dalam suasana yang santai. Diadakan setiap Kamis malam, minggu pertama dan ketiga, klub ini terbuka untuk umum dan gratis.

Teater Garasi mengundang Anda semua untuk terlibat menonton dan memperbincangkan:

“Isabella’s Room”
di KTP #3 – 21 Februari 2013
Teater Garasi, Jalan Bugisan Selatan 36A Yogyakarta
0274 415 844

Isabella’s Room adalah karya pertunjukan oleh Jan Lauwers dan Need Company. Isabella (tokoh rekaan Lauwers), seorang tua dan buta, mengunjungi masa lalunya, di kamarnya di Paris, kamar yang dipenuhi oleh ribuan obyek eksotik dari Mesir Kuno dan Afrika. Ditatap dari zaman dan tempat yang berbeda, obyek-obyek ini dipisahkan dari konteks kulturalnya. Obyek-obyek yang dipandang eksotik, di mana sebuah dunia – Africa – berdiri, membatu, disimpan dalam museum, dan digandrungi. Sembilan performer bersama-sama menyingkap rahasia Kamar Isabella bersama aktor Viviane De Muynck yang berperan sebagai Isabella.

Arsip KTP 2013

KTP #1 “Alexis. A Greek Tragedy”
diputar di Teater Garasi – 7 Februari 2013
“Alexis. A Greek Tragedy” adalah karya pertunjukan oleh Motus, sebuah kolektif dari Italia. Karya ini berangkat dari perjalanan seniman-seniman Motus mencari (kembali) Antigone, di antara batu-batu Hellas kuno yang telah menjelma bentrokan-bentrokan di dalam masyarakat Yunani modern yang tengah dilanda krisis ekonomi. Mereka bertemu dengan kisah Alexis, anak 15 tahun yang tiba-tiba tewas terbunuh di simpang Exarchia, Athena. “Alexis. A Greek Tragedy” dibicarakan sebagai penyelidikan atas mitologi yang tidak melakonkan adegan-adegan dalam Antigone tetapi melakukan pelacakan atas tragedi Yunani saat ini, atas siapa Antigone saat ini. Pendekatan Motus yang hampir-hampir antropologis dan dokumenter ini – dan bagaimana kisah kematian Alexis mengingatkan kita pada Indonesia di tahun 1998 – telah diperbincangkan di KTP – Klub Tonton Pertunjukan, hari Kamis, 7 Februari 2013.

KTP #2 “The Yes Men Fix The World”
diputar di Teater Garasi – 21 Februari 2013
Andy Bichlbaum dan Mike Bonanno adalah “The Yes Men” – dua orang yang menggabungkan aktivisme politik, seni pertunjukan, dan lelucon, demi mengajukan tuntutan bahwa sektor swasta bertanggung jawab atas kerusakan yang telah dilakukannya terhadap dunia dan masyarakatnya. “The Yes Men Fix The World”, mengikuti kedua prankster radikal tersebut merancang dan memainkan skenario pertunjukan mereka: secara rutin membuat website palsu atas nama perusahaan atau organisasi, mengaku sebagai representasi dari perusahaan atau organisasi yang mereka anggap telah merusak dunia. The Yes Men melakukan presentasi-presentasi sebagai pejabat dari Dow Chemical, Organisasi Perdagangan Dunia, ExxonMobile, dan Departemen Pembangunan Perumahan dan Perkotaan, menabur kebingungan tentang siapa yang benar-benar mengatakan apa. Dalam KTP hari Kamis, 21 Februari 2013, aksi The Yes Men membuka percakapan tentang seni intervensi dan sejauh mana kesenian dibayangkan dapat mendorong perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *