BERTUKAR TANGKAP DENGAN LEPAS

Sesilangan dan Lintasan 20 Tahun Teater Garasi dalam Esai dan Foto

Teater Garasi menyadari pentingnya terus mendorong berbagai refleksi kritis baik atas posisi dan potensi Teater Garasi di medan kebudayaan Indonesia maupun atas
kebutuhan-kebutuhan mendasar atas teater dan seni budaya di Indonesia pada umumnya. Dalam upaya mengunjungi, menimbang ulang, mengkritisi, dan terutama, menghidupkan jejak kerja 20 tahun suatu entitas kreatif teater sebagai aktivisme kultural, Bertukar Tangkap dengan Lepas, tajuk yang kami pinjam dari penyair Amir Hamzah, diturunkan dalam beberapa bentuk salah satunya adalah Penerbitan “Buku Bertukar Tangkap dengan Lepas; Sesilangan dan Lintasan 20 Tahun Teater
Garasi dalam Esai” dan “Bertukar Tangkap dengan Lepas; Sesilangan dan Lintasan 20 Tahun Teater Garasi dalam Foto”.

Para fotografer profesional maupun amatir telah mengabadikan perjalanan Teater Garasi dari waktu ke waktu melalui bidikan-bidikan terbaik mereka. Buku kumpulan foto dipilih dari gunungan hasil jepretan mereka yang tersimpan dalam arsip kami oleh fotografer muda yang kami undang sebagai kurator, Budi ND Dharmawan.
Sedangkan buku kumpulan esai merupakan ragam tulisan mandiri para pengamat dan rekan-kerja teater, seni, dan kerja kebudayaan yang lebih luas. Setiap penulis yang diundang terlibat bebas untuk memilih topic spesifik dan sudut pandang masing-masing. Kerangka dan pengantar editorial disusun sesudahnya oleh editor
Nirwan Ahmad Arsuka.

LEBUR THEATER QUARTERLY

The LeBur Theater Quarterly presents and encourages a broad range of perspectives about theatre in Indonesia, and opens itself to the dynamics of shifts in global perspectives and the realities of current audiences/society. These broader perspectives are supported by interdisciplinary approaches that accommodate discursive formations that have developed recently in viewing and discussing theatre concepts and events.

LeBur Theater Quarterly examines and attempts to disentangle perspectives of definitions and theatre conventions that are constrained and particularized (compartmentalized). Persistent particularizations include: modern-tradition, male-female, contemporary-conventional, as well as those that are made in the process of separating forms (dance, music, theatre, etc.).

Due to several reasons, LeBur Theater Quarterly is no longer in publication, however back issues can be ordered.

www.lebur.teatergarasi.org