OPEN LABORATORY

Program ini dirancang sebagai suatu ruang bagi seniman untuk bereksperimentasi dan mengembangkan ide-ide penciptaan mereka dalam banyak bentuk presentasi. Program ini berfungsi sebagai persilangan di antara eksperimentasi artistik, ruang diskusi dan keterlibatan sosial (social engagement). Program ini terbuka bagi seniman, peneliti, dramaturg, baik dari komunitas Teater Garasi maupun dari luar yang tertarik untuk mengembangkan ide-ide penciptaannya.

Program ini berusaha mengkerangkai dan menajamkan workshop penciptaan dan program-program presentasi yang selama ini berlangsung di Teater Garasi.

Beberapa program/forum yang selama ini pernah berlangsung dalam kerangka serupa adalah:

Malam Purnaman. Sebuah pertemuan rutin bulanan yang diikuti oleh komunitas Teater Garasi dan pelaku-pelaku seni yang lain di Yogyakarta. Berlangsung dari tahun 1995 – 2005. Purnaman adalah sebuah forum diskusi dan presentasi terbuka di mana setiap peserta bisa berbagi gagasan dan pemikiran yang yang tengah digelutinya. Di dalam forum ini peserta juga bisa mempresentasikan/menampilkan pertunjukan yang tengah dikerjakannya.Pada perkembangannya Malam Purnaman juga menerbitkan bulletin berkala Planet Poernaman yang pada tahun 2002 berubah nama menjadi Buletin BlockNote yang pada titiknya melahirkan forum penulis BlockNot.

Forum Penulis Naskah Lakon. Sebuah forum diskusi dan penciptaan naskah lakon yang mempertemukan para penulis dari berbagai latar belakang. Forum ini berlangsung dari tahun 2008 hingga 2010 dan telah menghasilkan 2 buah buku kumpulan naskah lakon: Kumpulan Naskah Forum Penulis Naskah Lakon (2009) dan Perbuatan Serong (2011). Forum ini kemudian melahirkan sebuah festival pembacaan naskah lakon Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) pada tahun 2010 dan masih berlangsung hingga hari ini. IDRF telah berlangsung di berbagai kota di Indonesia (Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang dan Lampung).

9m15s (Sembilan Seperempat/Nine Minutes Fifteen Seconds) merupakan forum pertunjukan bulanan terbuka yang dinisiasi oleh Teater Garasi/Garasi Performance Institute, untuk mewadahi kreator seni yang membutuhkan ruang apresiasi cepat dan fleksible dalam berkarya. Forum ini bisa di akses secara rutin, rileks dan murah oleh para kreator seni untuk bereksperimen, bertukar gagasan atau menyegarkan dirinya dari pola kerja tertentu dalam berkarya. Forum ini berlangsung dari tahun 2013 hingga 2014.

  • 9m15s Episode#1. Studio Teater Garasi. 28 Agustus 2013.
  • 9m15s Episode #2. Studio Teater Garasi. 30 September 2013.
  • 9m15s Episode #3. Studio Teater Garasi. 30 Oktober 2013
  • 9m15s Episode#4 – Trip Oddities. Bekerjasama dengan Biennale Jogja XII. Sarang Building. 19 Desember 2013.
  • 9m15s episode #5. Ark Galerie. 25 Januari 2014
  • 9m15s episode #6. Studio Teater Garasi. 6 Maret 2014

WYST (What’s Your Story Of Today) adalah proyek laboratorium kesenian yang berfokus pada media suara atau bentuk-bentuk lain yang berkaitan dengan suara. Laboratorium ini memfasilitasi berbagai percobaan di mana seseorang seniman dapat melakukan penjelajahan yang lebih jauh dari apa yang selama ini biasa dilakukan. Berlangsung sejak 2014.

WYST #01: Bird Talk. Workshop 12 Desember 2014. Presentasi: 13 Desember 2014. Seniman: Otomo Yoshihide, Rully Shabara, Jay Afrisando, Indra Hermawan, Jimmy Mahardika, Uya Cipriano, Raphael Doni, Mohammad Sofyan Hadi Purnomo, Eka Jayani Ayuningtyas, Asa Rahmana, Zamani Karmana, Taufiq Aribowo. Kurator: Yennu Ariendra, Venzha Christ

WYST #02: Out Hear. Workshop: 9-10 Juli 2015. Public Presentation: 11 Juli 2015. Seniman: Andi Meinl (Kartun), Andreas Siagian, Arsita Iswardani, Asa Rahmana, Budi Prakoso, Debby Selviana (Jane Nate), Ikbal S. Lubys, Indra Menus, Jay Afrisando, Juno Margana Putra, Kiat Istiqamah, Lintang Radittya, M.N. Qomaruddin
Riska FaraWYST #01: Birsonalia, Sandi Kalifadani. Kurator: Yennu Ariendra, Dale Gorfinkel.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.