Buka Studio 7 Hari 7 Malam: Jalan Tikus

 

Buka Studio 7 Hari 7 Malam: Jalan Tikus
adalah acara syukuran studio baru Teater Gararasi/Garasi Performance Institute. Pasca renovasi dan pengembangan sarana Studio Teater Garasi/Garasi Performance Institute, atas bantuan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), awal tahun 2018 menjadi momen yang tepat untuk meluncurkan ruang “baru” presentasi dan kerja eksperimentasi kesenian, beserta kerangka kuratorial program yang telah kami pertajam dan kembangkan, sebagai cara untuk merayakan kemungkinan keterlibatan seniman dan khalayak penonton yang lebih luas dan mendalam.

Menampilkan pertunjukan dan karya seni seniman-seniman muda Yogyakarta, Solo, Jakarta, dan Bandung, rangkaian acara mini-festival Buka Studio 7 Hari 7 Malam ini akan menyodorkan ragam bentuk pertunjukan seni lintas disiplin, baik yang bertolak dari tari, seni rupa, musik, sastra, teater dan sinema. Rangkaian pertunjukan ini juga dilengkapi dengan peristiwa diskusi, sarasehan dan tukar pengetahuan.

Daftar seniman penampil (berdasarkan urut alfabetis):

69 Performance Club

Akbar Yumni dkk

Alia Swastika

Andryanade

Ari Dwianto

Artery Performa & Sanggar O

Arum Tresnaningtyas

Cecile Bellat

Dendi Madiya

Ferial Afiff

FitriDanceWork

Gunawan Maryanto

Intan Paramaditha

Jangkung PP

Joko Pinurbo

Kiki Retake

Leilani Hermiasih

Lintang Radittya

Lusia Neti Cahyani

Mo’ong

Melancholic Bitch

Octo Cornelius

Paksi Raras Alit

Prihatmoko Moki

Komunitas Seni Kampung Nitiprayan

Sandi Kalifadani

SIMAMAT

Tamara Pertamina

Taufik Darwis

Shohifur Ridho’i

Sutrianingsih

Ugoran Prasad

Yennu Ariendra

Yosep Anggi Noen

Yudha Kusuma Putera a.k.a FeHung

Yudi Ahmad Tajudin

 

Buka Studio 7 Hari 7 Malam

JALAN TIKUS
Teater Garasi/Garasi Performance Institute

14 – 20 Januari 2018
(Jadwal perhari dan keterangan program lihat di poster di bawah)
di Studio Teater Garasi, Jl. Jomegatan 164 B, Nitiprayan, Bantul, 55182
DI Yogyakarta

CP: Sita (+62 821-3677-0900)

Selamat Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Sahabat dan kerabat Teater Garasi,

Seluruh seniman rekanan (artist associates) berserta tim manajemen Teater Garasi/Garasi Performance Institute mengucapkan Selamat Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kantor dan operasional Teater Garasi libur mulai tanggal 23 Desember 2017 dan aktif kembali tanggal 3 Januari 2018.

Salam hangat,
Teater Garasi/Garasi Performance Institute

Dear Colleagues and friends,

Artist Associates and Management of Teater Garasi/Garasi Performance Institute wish you a Merry Christmas 2017 and Happy New Year 2018.

Our operational office closed from December 23rd, 2017 and will open again in January 3rd, 2018.

Warm Regards,
Teater Garasi/Garasi Performance Institute

Seri Pentas AntarRagam

Teater Garasi/Garasi Performance Institute bekerjasama dengan sejumlah komunitas kreatif di Madura dan Flores mempersembahkan #SeriPentasAntarRagam — serial presentasi karya yang diinisiasi oleh komunitas kreatif mitra Teater Garasi berdasarkan isu dan potensi lokalnya masing-masing. Proyek penciptaan seni dan seluruh rangkaian kegiatan yang menyertainya (workshop, residensi, diskusi) merupakan bagian dari program AntarRagam, inisiatif terbaru Teater Garasi/Garasi Performance Institute yang berlangsung sejak awal tahun 2017.

#SeriPentasAntarRagam

  1. Komunitas Masyarakat Lumpur

Pertunjukan Teater
PEREMPUAN, DAN KAPAL YANG HILANG
Sutradara: R Nike Dianita Febriyanti

Sabtu, 25 November 2017
Pukul 19.00 WIB
Di Gedung Pratanu (Pendopo II Bangkalan)
Jl. Soekarno-Hatta, No. 35, Bangkalan, Madura

  1. Sanggar Seni Makan Ati

Pertunjukan Teater
POCET
Sutradara: Fikril Akbar

Minggu, 26 November 2017
Pukul 19.00 WIB
Di Sanggar Seni Makan Ati
Jl. Pintu Gerbang Gg. VII, Bugih, Pamekasan, Madura

Selasa, 28 November 2017
Pukul 19.00 WIB
Di Vihara Avalokitesvara
Dusun Candi, Desa Polagan, Galis, Pamekasan, Madura

Pertunjukan ini didukung oleh Teater Akura, Teater Pangestu, Teater Kaged, LPM Semesta dan Vihara Avalokiteswara

  1. Teater Karapan Pamekasan

Pertunjukan Teater
KERANGKENG
Sutradara: Hafiki

Ujicoba Teater Sampang

Pertunjukan Teater
MIMPI DI ATAS PAGI
Karya: Syamsul Pranata dan Syukron Yusuf

Senin, 27 Nopember 2017
Pukul 19.00 WIB
Di Pondok Pesantren Al Mukhlisin, Sedur, Pakong, Pamekasan, Madura

  1. Sanggar Sina Riang Adonara
    Bekerjasama dengan Komunitas Wathan Lamahala dan Desa Weiburak

Pertunjukan Teater
WARISAN
Sutradara: Veronika Ratumakin

Sabtu 2 Desember 2017
Pukul 19.30 WITA
Di Desa Lamahala, Adonara Timur, Flores Timur

Senin 4 Desember 2017
Pukul 19.30 WITA
Di halaman gudang Putra Tunggal, Dusun 2 Desa Waiburak, Adonara Timur, Flores Timur

  1. Komunitas KAHE Maumere

Pameran, Diskusi dan Pertunjukan

M 7,8 SR
(Refleksi Tsunami di Maumere dalam Memori, Perubahan dan Ancaman)
Koordinator: Eka Dede Aton Putra Nggalu

5-11 Desember 2017
Di Area Studio Radio Sonia FM dan Dapoer Soenda
Jl. Don Thomas, No. 19, Maumere, Sikka

Tentang AntarRagam
Adalah inisiatif baru Teater Garasi/Garasi Performance Institute yang ingin menjalin kontak dan pertemuan-pertemuan baru dengan tradisi, kebudayaan serta seniman dan anak-anak muda di kota-kota di luar (pulau) Jawa, sebagai suatu proses ‘unlearning‘ dan pembelajaran ulang atas (ke)Indonesia(an) dan (ke)Asia(an).

Karya dan proyek seni (pertunjukan) yang kemudian tercipta di dalam dan di antara kontak serta pertemuan ini diharapkan bisa melahirkan pengetahuan baru dan narasi-narasi alternatif atas kenyataan-kenyataan perubahan dan keberagaman sosio-kultural di Indonesia dan Asia.

Inisiatif ini didukung oleh Ford Foundation.

Informasi lebih lanjut mengenai #SeriPentasAntarRagam silakan berkunjung ke www.antarragam.net

#AntarRagam #Pertemuan #Komunitas #Seni
#Flores #Madura #Workshop #Pertunjukan #Penciptaan

ANTARRAGAM Lebih Lanjut

Setelah rangkaian workshop penciptaan (Mei 2017) dan program residensi di Yogyakarta (Juli-Agustus 2017), komunitas kreatif mitra Teater Garasi di Flores dan Madura kemudian membuat proyek penciptaan seni berdasarkan isu dan potensi lokalnya masing-masing. Proyek penciptaan seni dan seluruh rangkaian kegiatan yang menyertainya ini merupakan bagian dari program AntarRagam, inisiatif terbaru Teater Garasi/Garasi Performance Institute.

Dalam kerangka proses penciptaan tersebut, di bulan November ini mitra di Madura dan Flores bersama Teater Garasi memberlangsungkan beberapa agenda kegiatan, sebagai berikut:

Lusia Neti Cahyani (Manajer Program Teater Garasi) berbagi Pendekatan Manajemen Produksi bersama Komunitas Masyarakat Lumpur (Bangkalan) dan Makan Ati (Pamekasan) di Sanggar Komunitas Masyarakat Lumpur, kampung Tarogan, Bangkalan, Madura, Jumat 3 November 2017.

Ignatius Sugiarto (Seniman Mukim—Direktur Teknik dan Penata Cahaya—Teater Garasi) berbagi Pendekatan Manajemen Panggung bersama Komunitas Masyarakat Lumpur (Bangkalan) dan Komunitas Makan Ati (Pamekasan), Sabtu 4 November 2017, di Sanggar Komunitas Masyarakat Lumpur, kampung Tarogan, Bangkalan, Madura. Dan Minggu 5 November 2017, Pak Clink (aka Ignatius Sugiarto) berbagi Pendekatan Tata Cahaya di gedung Pratanu, komplek Kantor Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Workshop Komposisi Musik Bersama Doni Kurniawan (Bassist Risky Summerbee & the Honeythief, LastElise, Penggagas Proyek Pengenalan Musik kepada remaja-remaja “Musik For Everyone”), 4-5 November 2017, di Aula Hotel Pelita Maumere, Sikka, NTT. Agenda ini diselenggarakan bersama Komunitas Kahe, komunitas kreatif mitra Teater Garasi di Maumere-Flores. Peserta workshop tidak hanya komunitas mitra dari Flores (Komuntitas Kahe dan Sanggar SinarRiang), tapi juga seniman dari komunitas mitra di Madura. Pertemuan seniman dari dua kawasan di workshop ini juga menjadi kesempatan untuk menginisiasi pertukaran ragam musikalitas Flores dan Madura.

Selain workshop-workshop di atas, beberapa seniman Teater Garasi juga berkesempatan untuk menemani proses latihan dan perwujudan proyek penciptaan dari masing-masing komunitas kreatif mitra Teater Garasi di Flores dan Madura.

Untuk membaca kabar dan cerita lain dari pertemuan-pertemuan di program AntarRagam silakan berkunjung ke www.antarragam.net.

 

 

Renovasi Studio Teater Garasi


Sejak tanggal 18 September 2017, dengan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Teater Garasi memulai pengerjaan renovasi studio. Dengan restrukturisasi diharapkan ke depan Teater Garasi akan memiliki mini “black-box”, atau studio kotak dengan fungsi lentur berukuran 7,5 m x 11 m, dengan tata lampu dan suara sederhana, yang cukup memadai untuk kebutuhan ruang pertunjukan dengan skala tersebut.

Dengan cara menyatukan/menggabungkan ruang-ruang yang sebelumnya berfungsi sebagai gudang dan selasar, perubahan struktur ruang ini akan membuat kegiatan latihan, workshop, diskusi dan presentasi karya yang selama ini berlangsung di studio Teater Garasi menjadi sedikit lebih leluasa. Sebagaimana yang terproyeksi di dalam program-program selama ini, studio Teater Garasi adalah ruang yang terbuka untuk komunitas dan publik seni pada umumnya, dan seni pertunjukan pada khususnya. Dengan dukungan infrastuktur studio yang lebih baik, diharapkan ke depannya Teater Garasi lebih bisa menjadi landasan dan ruang yang terbuka bagi diseminasi pengetahuan dan pertumbuhan bersama.

Proses renovasi studio diperkirakan akan selesai pada akhir bulan November. Di seputar bulan Desember 2017, akan diadakan semacam perayaan kecil untuk memperkenalkan dan meluncurkan studio baru. Dalam kegiatan tersebut sekaligus juga akan disampaikan mengenai program, kerangka kuratorial, serta sistem dan mekanisme penggunaan studio dan fasilitas Teater Garasi yang baru.